Kerajian Decoupage Laku Mahal di Pasaran



Biasanya kita mendengar kata tissue, pasti yang kita pikirkan pertama kali adalah untuk membersihkan sesuatu yang kotor. Namun kali ini tissue kita gunakan untuk sesuatu yang jauh dari kata kotor. Bagaimana dengan menghias tas, furniture atau juga talenan dengan selembar tissue?
  Tissue ternyata bisa juga di pakai untuk bahan dasar membuat kerajinan agar tampak indah dan anggun serta memiliki nilai seni. Tapi jangan salah, tissue yang di gunakan bukanlah tissue biasa tetapi tissue khusus yang disebut Servietten. Lantas bagaimana caranya membuatnya.
  Decoupage berasal dari bahasa Perancis Decouper yang artinya memotong. Decoupage adalah seni menghias suatu objek dengan menempelkan kertas tissue ke objek tersebut. Kerajinan Decoupage ini sudah popular di mancanegara terutama di Eropa. Dengan sejarah panjang decoupage, tak heran jika seni ini masih terus berevolusi dengan berbagai gaya baru. Asal usul warna dan beragam teknik membuat seni ini tak terbatas dan menawarkan ruang lingkup luas untuk kreativitas.
  Di Indonesia sendiri kerajinan Decoupage ini sudah mulai di gemari para anak muda maupun ibu – ibu rumah tangga. Kita dapat menggunakan bahan apa saja untuk decoupage. Misalnya buku bekas, majalah, kertas kado, potongan kain tipis, rice paper dan sebagainya. Tidak harus menggunakan napkin/tissu khusus untuk decoupage.Secara umum semakin lembut dan fleksibel bahannya akan semakin bagus hasilnya juga lebih mudah diaplikasikan pada media yang tidak rata. Oh ya... jangan menggunakan gambar yang di print karena warnanya akan luntur. Demikian juga media yang akan didecoupage. Decoupage adalah cara menyenangkan dan mudah untuk mendekorasi objek apa saja diantaranya : furniture, keramik/porselen, kayu/ bamboo, plastic, botol beling, kain, pandan. Ambil sebuah objek yang ingin Anda hias, kemudian gunting pola tissue yang Anda sukai. Setelah itu oleskan lem pada objek dengan rata, tempelkan pola tissue yang sudah Anda gunting pada objek yang sudah diberi lem. Kemudian setelah kering, beri lapisan lem pada tissue yang sudah tertempel tadi. Dan langkah terakhir semprotkan vernis jika Anda menginginkan hasil yang sempurna.
Mudah bukan? Anda bias mencobanya kapan saja, Anda juga bisa menghias furniture yang ada di rumah dengan teknik Decoupage ini.

Comments